Minggu, 11 Januari 2015

Masuk UGM??? Gampang Dabb!!!

Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu Universitas terfavorit di Indonesia. Universitas Gadjah Mada terletak di Kabupaten Sleman-Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada (UGM) biasa disebut dengan kampus kerakyatan. Mengapa demikian? Karena UGM merakyat, mahasiswanya terdiri dari berbagai golongan, tidak pandang bulu. Mau kaya, miskin, ekonomi pertengahan, semua ada. UGM juga merupakan kampus yang mempersatukan bangsa, kaya dengan budaya, dan bahasa. Mahasiswa dari ujung Sumatra, Jawa, hingga ujung Irian Jaya semua berkumpul di UGM tercinta ini. Tidak hanya dari Indonesia beberapa mahasiswa UGM juga ada yang berasal dari luar negeri seperti dari Malaysia, Thailand, India, Jerman, dan lain-lain. UGM sendiri mempunyai 18 fakultas yang terdiri dari ratusan program studi dan satu sekolah vokasi.
Banyak orang beranggapan mahasiswa UGM itu pinter, keren, kece. (memang sih.. hehe) Ya tapi berdasarkan faktanya, yang namanya sebuah Universitas itu pasti ada beberapa mahasiswa yang keren, kece, pinter, tapi juga ada yang biasa-biasa saja. Diibaratkan seperti jaman kita waktu SMA dulu lah, ada teman kita yang rajin, sangat rajin, pinter, kreatif, berprestasi, dan bahkan ada juga yang super malas hingga tugaspun ia nitip teman.
Tapi teman, jangan salah.. Mahasiswa UGM banyak banget yang berprsetasi lho.. mulai dari bidang kepenulisan, penelitian, olah raga, seni, dan masih banyak lagi. Prestasinya pun tidak hanya sekedar tingkat Nasional, namun tingkat Internasional. Banyak banget mahasiswa yang sudah go-Internasional gara-gara prestasi mereka. UGM menyediakan berbagai fasilitas untuk pengembangan bakat dan minat mahasiswa. Dengan banyaknya mahasiswa yang berprestasi tentunya kita dapat terinspirasi dan termotivasi dari mereka. Kata pepatah, "berkumpullah kamu dengan penjual minyak wangi niscaya kamu akan ikut tercium wangi, begitu juga berkumpullah kamu dengan orang-orang berprestasi niscaya kamu akan ikut berprestasi". So, ketika banyak orang yang mengatakan mahasiswa UGM itu "keren" itu mungkin karena banyaknya mahasiswa yang berprestasi.

Teman-teman pernah mendengar tidak kalau katanya masuk UGM itu susah? Itu salah besar kawan.. hilangkan mindset itu. Masuk UGM tidak susah-susah banget kok.. ya semua tergantung usaha dan doa kalian juga sih.. (hehe) 

Pokoknya yang penting adalah kalian jangan pernah mengatakan  masuk UGM itu susah sebelum kalian mencoba. Mencoba saja belum, kok berkata..

Ketika kamu bercita-cita kuliah di kampus biru ini, cobalah mendaftar. Jangan sampai takut mendaftar gara-gara mindset di atas. Jangan lupa juga kawan usaha dan doa kalian.. Ingat !!! saingan kalian untuk masuk UGM tidak hanya se-kabupaten atau se-provinsi melainkan se-Indonesia bahkan lebih. Semua ingin masuk di kampus tercinta ini. 

Hal terpenting lainnya adalah jangan terlalu berpikir masalah biaya. Banyak orang berpikir biaya kuliah di UGM itu mahal. Kalau menurutku sih tidak ya.. biaya kuliah di UGM standart seperti di universitas lainnya karena UGM sudah menerapkan sistem UKT (uang kuliah tunggal), mahasiswa membayar biaya kuliah persemester sesuai dengan gaji/kemampuan orang tua. Bagi teman-teman yang dari kalangan ekonomi menengah kebawah, jangan khawatir... UGM menyediakan berbagai beasiswa, seperti bidik misi, etos, beasiswa dari Djarum, Wardah, dan lain-lain. 

Maka dari itu kawan, siapa bilang kalian tidak berkesempatan masuk UGM??? 

Yukk
, daftar.. Jangan sampai ketinggalan infonya ya ^^

 Khulatul (PSIK-FK UGM)

10 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Min, kalo jurusan arkeologi di UGM banyak yg minat gak? Trs seluk beluk jurusan ini gimana yak? Mungkin adminnya kenal yg dr jurusan ini!

    BalasHapus
  3. Yg pengen masuk UGM,kemarin saya sempet ditawari jalur mandiri
    Sms 085694333722 nanti saya tanyain lg

    BalasHapus
  4. Cara-cara masuk UGM apakah seperti masuk UNIVERSITAS lainnya yang ada di INDONESIA?

    BalasHapus
  5. ka kalo boleh tau, masuk lewat jalur apa ya? ohiya sebenernya ada kriteria khusus ga sih yang diterima jadi mahasiswa ugm? makasih ka

    BalasHapus
  6. ka kalo boleh tau, masuk lewat jalur apa ya? ohiya sebenernya ada kriteria khusus ga sih yang diterima jadi mahasiswa ugm? makasih ka

    BalasHapus
  7. kak bisa minta kontak yg bisa dihubungi? Saya mau tanya2

    BalasHapus