Minggu, 11 Januari 2015

Oyek dalam dunia Kesehatan


Tahukah kamu???
Bagaimana sih Pandangan Oyek dalam segi Kesehatan???
Mungkin bagi para Oyeks mania pernah bertanya-tanya apa sih manfaat Oyek bagi tubuh?? Ada nggak ya? Ataukah tidak ada sama sekali? Apa hanya sekedar untuk tirakat saja??
Tenang kawan Oyman (Oyeks Mania).. tidak usah galau.. ternyata banyak lho manfaat oyek untuk metabolisme tubuh kita..
 Lebih jelasnya Yukk, kita intip bersama-sama apa sih manfaatnya..
 Oyek, dalam dunia kesehatan sering disebut sebagai bahan pangan fungsional.
Apa  itu bahan pangan fungsional?
Bahan pangan fungsional merupakan bahan pangan yang dapat memberikan manfaat tambahan disamping fungsi dasar pangan tersebut. makanan atau pangan dikatakan fungsional bila mengandung zat gizi atau non gizi (komponen aktif) yang dapat mempengaruhi fungsi fisiologis tubuh kearah yang bersifat positif seperti memperkuat mekanisme pertahanan tubuh, mencegah penyakit tertentu, membantu mengembalikan kondisi tubuh setelah sakit, dan lain-lain. Dalam konteks ini Oyek termasuk salah satu bahan pangan fungsional karena potensinya sebagai pengganti makanan pokok beras bagi penderita diabetes mellitus maupun bagi orang yang sehat yang ingin mencegah penyakit diabetes yang kian hari semakin meningkat.
Di jaman yang modern dan serba canggih ini makan bukanlah sekedar untuk kenyang, tetapi yang lebih utama adalah manfaat makanan bagi kesehatan tubuh. Menurut data WHO, Indonesia menempati urutan ke-4 terbesar dalam jumlah penderita diabetes mellitus di dunia. Peningkatan penderita diabetes ini akan terjadi karena peningkatan kesejahteraan dan ketersediaan pangan serta pola konsumsi yang tidak benar.
Salah satu upaya untuk pencegahan penyakit diabetes adalah dengan pengaturan pola konsumsi yang benar dan pemilihan makanan yang tepat. Cara memilih pangan yang tepat diantaranya dengan memakan makanan yang banyak mengandung pati resisten, dan oyek termasuk salah satu kategori makanan tersebut.
Menurut penelitian oyek tergolong bahan pangan yang ber- Indeks Glikemik (IG) rendah. Bahan pangan yang ber- IG rendah ini akan memecah karbohidrat yang dikandungnya secara lambat dan melepaskan glukosa ke dalam darah dengan lambat sehingga kandungan glukosa dalam darah tetap stabil, tidak terjadi peningkatan secara terus meneru.
Menurut  Dr Minarto MPS (mantan Direktur Bina Gizi Kementerian Kesehatan tahun 2011) menyatakan bahwa umbi-umbian (bahan dasar oyek ) seratnya lebih tinggi dari pada nasi namun energinya lebih rendah dari pada nasi.
 Secara kesehatan makanan berserat tinggi lebih sehat dari pada makanan berenergi tinggi yang tanpa diimbangi olah raga atau aktivitas fisik lainnya (karena mengakibatkan penumpukan kalori yang dapat menyebabkan kegemukan atau peningkatan kadar gula dalam darah). Sedangkan kekurangan serat bisa menyebabkan berbagai gangguan pada sistem pencernaan mulai dari yang paling ringan seperti susah buang air besar hingga yang berat seperti kanker.
Oleh sebab itu walaupun energy Oyek tidak setinggi nasi, namun seratnya lebih unggul dari pada nasi lho kawan..
So, jangan kawatir bagi para Oyman (Oyeks mania)..
Selain kita tirakat melatih jiwa dan ngalap Ilmu manfaat, ternyata banyak juga lho manfaat bagi tubuh...
Lanjutkan kawan Oyman!!!

*dikutip dari berbagai sumber                                                                                   

2 komentar:

  1. sy ingin tanya nih..
    secara dasarnya singkong adalah makanan karbu yg lebih baik dari nasi, krn IG-nya jauh lebih rendah, seratnya lebih tinggi, bahkan kalorinya lebih tinggi..bahkan kandungan gizinya juga tinggi ..itu jika singkong direbus biasa..
    nahh.. yg jadi pertanyaan, oyek ini kan udah olahan shg menjadi butir2 spt beras, apakah dengan hasil olahan itu mengurangi kadar gizi yg terdapat pada singkong tanpa olahan ?
    Mohon dijawab .. Terima kasih..

    BalasHapus
  2. waktu kecil makan oyek itu aneh dan hanya sebagai makanan selingan.... setelah tua dan mulai cari tahu manfaat oyek, ternyata tak kalah nikmat dari nasi. Sekarang mulai makan oyek inter mitten .... pencernaan lancar loh yahhhhh... ayo konsumsi oyek

    BalasHapus